MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN (PSIKOPEND)
A) PENDAHULUAN
(1) Latar belakang
Dalam
kegiatan belajar mengajar, dibutuhkan beberapa metode yang harus diketahui oleh
para pendidik. Metode-metode itu sangat diperlukan karena pada saat proses
belajar mengajar setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda untuk
memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik.
Suatu
misal seorang anak yang memiliki kemampuan di bidang akademik biasanya akan
lebih mudah dalam menyerap materi yang diberikan oleh pendidik dibandingkan
dengan anak yang kurang memiliki kemampuan akademik. ini mewajibkan seorang
pendidik mampu menguasai teori belajar yang seseuai dengan anak didiknya.
Teori-teori ini memiliki beberapa aliran yang berbeda dalam penekanan proses
belajar. Terdapat tiga aliran besar dalam teori belajar, diantaranya yaitu
behaviorisme, kognitif dan humanistik.
(2) Rumusan masalah
a. Mengungkapkan
tujuan teori behaviorisme, kognitif, dan humanistik.
b. Menjelaskan
arti atau definisi teori-teori belajar.
c. Bagaimana upaya memgoptimalkan kualitas
pendidik dengan teori-teori belajar
yang sesuai.
(3) Tujuan
a.
Memahami teori-teori belajar.
b. Dapat
mengetahui teori belajar secara psikologi.
c.
Dapat menerapkan dalam proses belajar mengajar.
(4) Manfaat
a. Untuk memahami teori belajar.
b. Untuk mengetahui teori belajar secara
psikologi.
c. Agar dapat diterapkan dalam kehidupan
sehari-hari