Minggu, 01 April 2012

Islam Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi


TUGAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
“ISLAM DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”




DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 7

1.     ALIEN NICE KAPINANCI                 (111 034 026)
2.     YUSNIA ARUM ANGGRAINI            (111 034 027)
3.     MU’AMMAR SYAIKHUL Q.ASS       (111 034 028)
4.     AHMAD SHODIQIN                           (111 034 201)

Objek Dan Kajian Sosiologi Pengantar Ilmu Sosiologi


ANTROPOLOGI
OBYEK DAN KAJIAN SOSIOLOGI


Oleh :

MU’AMMAR SYAIKHUL QATHAFI ASS
111034028

UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
2011-A



Bab X Perubahan Sosial Budaya-Sosiologi PLS Unesa


TUGAS MERANGKUM SOSIOLOGI
BAB X
PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

OLEH :
NAMA : MU'AMMAR SYAIKHUL QATHAFI ASS
NIM     : 111034028
KELAS: PLS 2011-A

JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Makalah Psikologi Pendidikan (PSIKOPEND)

                                              MAKALAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN (PSIKOPEND)


A) PENDAHULUAN
(1) Latar belakang
Dalam kegiatan belajar mengajar, dibutuhkan beberapa metode yang harus diketahui oleh para pendidik. Metode-metode itu sangat diperlukan karena pada saat proses belajar mengajar setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik.
Suatu misal seorang anak yang memiliki kemampuan di bidang akademik biasanya akan lebih mudah dalam menyerap materi yang diberikan oleh pendidik dibandingkan dengan anak yang kurang memiliki kemampuan akademik. ini mewajibkan seorang pendidik mampu menguasai teori belajar yang seseuai dengan anak didiknya. Teori-teori ini memiliki beberapa aliran yang berbeda dalam penekanan proses belajar. Terdapat tiga aliran besar dalam teori belajar, diantaranya yaitu behaviorisme, kognitif dan humanistik.
(2)  Rumusan masalah
a.    Mengungkapkan tujuan teori behaviorisme, kognitif, dan humanistik.
b.    Menjelaskan arti atau definisi teori-teori belajar.
c.      Bagaimana upaya memgoptimalkan kualitas pendidik dengan teori-teori    belajar yang sesuai.
(3) Tujuan
a.   Memahami teori-teori belajar.
b.   Dapat mengetahui teori belajar secara psikologi.
c.    Dapat menerapkan dalam proses belajar mengajar.
(4) Manfaat
a. Untuk memahami teori belajar.
b. Untuk mengetahui teori belajar secara psikologi.
c. Agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari

Sejarah Pendidikan Luar Sekolah di Indonesia (PNF/PLS)


Sejarah Pendidikan Luar Sekolah di Indonesia  (PNF/PLS)

Sejarah
Perkembangan Organisasi/Kelembagaan yang Menyangkut Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga sebelum terbentuknya Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah, Pemuda dan Olahraga sampai terbentuknya Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan NonFormal Tahun 2005

Satuan dan Program Pendidikan di Masyarakat (DIKMAS)


Satuan dan Program Pendidikan di Masyarakat (DIKMAS)
a.      Satuan pendidikan di Masyarakat
Dengan mengacu pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, pasal 26 ayat (4), tercantum bahwa satuan pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, majelkis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.