Jumat, 02 Maret 2012

ORMAPLUS UNESA 2011

ORMAPLUS UNESA 2011
(ORIENTASI MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH UNESA)



Ormaplus (Orientasi Mahsiswa Baru Pendidikan Luar Sekolah) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dan wajib diikuti oleh semua Mahasiswa Baru (MaBa) jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari BEM-J PLS Departemen Litbang. Ormaplus kali ini bertempat di Villa Hortensia yang terletak di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur dan dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada tanggal 14-16 Oktober 2011. Tema dari Ormaplus 2011 ini adalah “ Menciptakan Kepribadian Mahasiswa PLS yang Berkarakter Budaya Terbuka dalam Perkembangan IPTEK dan Peduli Lingkungan”. “Peserta yang mengikuti berjumlah 94 mahasiswa baru, belum termasuk yang izin dan sakit sehingga tidak bisa mengikuti kegiatan”, ujar Umi Farikha selaku Ketua Pelaksana.

 
Kegiatan diawali dengan berkumpulnya seluruh panitia dan peserta di lobi PLS tepat pukul 06.00 WIB untuk melakukan registrasi dan pengecekan kelengkapan bagi para peserta. Setelah registrasi dan pengecekan selesai dilajutkan dengan penampilan yel-yel dari setiap kelompok dan pemberitahuan jargon Ormaplus 2011, serta pembacaan tata tertib bagi peserta selama kegiatan Ormaplus oleh perwakilan BEM-J PLS.
“ Pada saat di sana semua peserta wajib menjaga sikap, perilaku dan tindakan, untuk selalu berkata baik, tidak melanggar tata tertib yang sudah dibuat panitia, tidak mencabuti tanaman di sekitar villa dan jaga kesehatan masing-masing, serta mengikuti segala kegiatan dengan baik dan materi yang sudah dipersiapka panitia,” tutur Dian Al Putranto selaku Ketua BEM-J PLS ketika melakukan sambutan sebelum pemberangkatan.
Setelah menempuh perjalanan selama 2-3 jam akhirnya sampai juga di daerah Prigen, Pasuruan. Sebelum sampai di Villa, peserta harus diturunkan secara tiba-tiba dari bus dengan alasan bus tidak kuat melewati jalan tanjakan ketika diisi penumpang. Sehingga peserta dipersilahkan jalan kaki melewati jalan yang naik turun, berkelok-kelok bahkan berjurang. “Perjalanan seperti ini membuat badan capek, kaki pegal-pegal dan pusing”, kata Yusnia salah satu peserta Ormaplus 2011.
Sesampainya di Villa, para peserta terlihat sangat lelah dan letih. Tepat pukul 10.00 WIB peserta dikumpulkan di ruang serbaguna untuk pembagian kamar dan dilanjutkan memasukkan perbekalan peserta di kamar masing-masing. Pukul 10.30 WIB para peserta dan panitia laki-laki diwajibkan mengikuti sholat Jum’at di ruang serbaguna yang dikhotbahi dan diimami ustadz dari Villa Hortensia. Usaii sholat Jum’at, acara dilanjutkan dengan makan siang dan acara pembukaan.  
 

        “Kegiatan semacam ini sudah menjadi tradisi sejak angkatan terdahulu, tentunya dengan suasana yang berbeda-beda”, tutur Bapak I Ketut Atmaja J.A., M. Kes selaku Ketua Jurusan PLS Unesa saat melakukan sambutan dan membuka acara Ormaplus 2011. Dilanjutkan dengan materi I ( Pengenalan Jurusan PLS Unesa) oleh Bapak I Ketut Atmaja J. A., M.Kes dan materi II (wawasan Ormawa-J PLS) oleh panitia Ormaplus, serta pengenalan Imadiklus (Ikatan Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah) oleh alumni PLS dan rekan-rekan dari Universitas Negeri Malang.
Pukul 16.00 WIB bersih diri dan Ishoma. Kemudian acara dilanjutkan dengan materi III yaitu ESQ oleh trainer dari Villa Hortensia. Pada materi ini, peserta mampu menghayati ketika trainer mulai mengucapkan kata demi kata penuh renungan spiritual. Tidak sedikit peserta yang meneteskan air mata selama materi berlangsung, bahkan beberapa di antara peserta ada yang sampai menjerit-jerit dan kehilangan kesadaran. Sesudah ESQ, acara dilanjutkan dengan materi IV (Leadership dan Management) oleh bapak Rivo Nugroho, S.Pd.
Kegiatan esok harinya adalah senam dan outbond. Para peserta sangat menikmati gerakan senam dan aktivitas outbond mulai dari flying fox sampai permainan ketangkasan berkelompok. Usai outbond, peserta melakukan bersih diri dan makan lalu dilanjutkan materi V (Landasan Keprofesian) oleh Bapak Heriyanto Susilo, S.Pd, M.Pd, materi VI (Pola Pikir Prestatif) Ibu Wiwin Yulianningsih, S.Pd, M.Pd dan materi VII (Keterampilan Komunikasi) oleh Bapak Heriyanto Susilo, S.Pd, M.Pd dan dilanjutkan Ishoma.
Materi terakhir (Sifat Kritis) oleh Firma alumni PLS. ketika di tengah-tengah materi, ternyata terjadi konflik. Pemateri dan Komdis saling menyalahkan dan terlibat emosi. Semua panitia ikut memanaskan suasana. Karena suasana yang semakin memuncak, seorang peserta ketakutan dan shock. Akhirnya sandiwara dihentikan, agar tidak menambah korban, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh perwakilan panitia dan diiringi dengan lagu perjuangan. Acara berikutnya adalah malam inagurasi, di mana para menampilkan kreativitas antar kelompok.
Pada hari terakhir panitia mengumukan sekaligus memberikan hadiah untuk kategori  Peserta Putra-Putri Terbaik Ormaplus 2011, penampilan inagurasi terbaik, yel-yel tim terbaik dan sekaligus penutupan Ormaplus 2011 oleh Ibu Wiwin Yulianingsih,S.Pd,M.Pd selaku Pendamping Kemahasiswaan. Acara diakhiri dengan saling berjabat tangan dan foto bersama..(Mar-Suk PLASMA UNESA)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar