Kamis, 20 Desember 2012

Baru Ku Tunggu Lama Ku Nanti



                   Baru Ku Tunggu Lama Ku Nanti
Berjalannya waktu tidak terasa bahwa pergantian mahasiswa sudah di mulai. Pergantian yang merupakan prosesi pada tiap tahunnya dimana mahasiswa lama ada yang lulus dan di isi mahasiswa baru.Universitas Negeri Surabaya sebagai institusi pencetak tenaga pendidik selalu tiap tahunnya melakukan prosesi pada mahasiswa yang telah dinyatakan lulus untuk di wisuda sedangkan untuk mahasiswa baru dilakukakan penyambutan berupa Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).
Melihat Antusias Mahasiswa Baru berjajar untuk melakukan registrasi di Gedung Gema Unesa Kamis (12/07) melihatkan bahwa semangat yang ingin mereka tunjukkan akan membawa angin segar untuk Unesa.” Saya ingin kuliah di Unesa ingin memperdalam minat di dunia Tata Rias karena ilmunya terapan dan langsung bisa dipraktekkan,ujar Indira Dewi Kirana mahasiswa baru jurusan Pend Tata Rias. Nantinya selain ingin meningkatkan prestasi dibidang akademik berupa mengikuti perkuliahan dengan baik dan mendapatkan IPK memuaskan ingin juga meningkatkan prestasi di bidang non akademik untuk dirinya dan Unesa dengan mengikuti English Club atau sejenisnya supaya ilmu bahasa inggrisnya tidak memudar.
Karena pengalaman mengikuti berbagai lomba yang pernah diikuti waktu duduk dibangku MAN Kandangan Kediri diantaranya Speech Contest Kemenag juara 3 di Kediri,Telling Story juara harapan 1 di Kemendiknas, Cipta cerpen juara 3 di Dispora, baca puisi no.2 di Jambore UKS, tambahnya, Begitu juga dengan Narti Asih Mahasiswa Baru asal MAN 1 Bojonegoro menjelaskan selain berkuliah ia ingin sekali untuk mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pramuka.Karena pada waktu dulu masih duduk di bangku sekolah SMP sampai MAN menggeluti dunia Pramuka,kelak harapanya ingin membawa Pramuka Unesa lebih baik lagi dan bisa menjuarai setiap kegiatan  yang ada di Pramuka,ungkapnya.
  Begitu juga dengan mahasiswa lama tepat pada Selasa(10/7) telah dilakukan prosesi wisuda ke-74 Unesa. Mahasiswa lulusan Unesa benar-benar handal dan bermutu,siap bersaing dengan lulusan universitas lain.Dunia kerja mempertimbangkan juga tentang intitusi Unesa dimana dipercayai untuk mencetak tenaga pendidik yang benar-benar profesional,ahli pendidikan dan berkualitas.Seperti Sri Asih angkatan 2008 jurusan Pend Bahasa dan Sastra Indonesia kini setelah diwisuda langsung bisa bekerja di LBB Ganesha Operation (GO) jl. Kusuma Bangsa sebagai tentor Bahasa Indonesia.Berkat terbiasanya dahulu sering membantu dosennya untuk ikut mengajar kini bisa merasakan manfaatnya setelah lulus. ‘‘sebelum diwisuda saya mengirim lamaran pekerjaan di dua LBB (Lembaga Bimbingan Belajar) di Nurul Fikri dan di GO ternyata diterima keduanya  padahal banyak sekali pelamarnya,dan akhirnya di pilih GO karena di Nurul Fikri dikerjakan di Jakarta”.ungkapnya.
Selaras dengan pengalaman tersebut dialami juga oleh Indriani Kumolosari,ketika Ditemui di rumah budenya Jln. Pakis Tirtosari VI pada Kamis (05/07), mahasiswa angkatan 2008 jurusan PLS tersebut menjelaskan, "Alhamdulillah, saya bisa diterima dan bekerja di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebelum lulus atau diwisuda, lebih tepatnya pada semester 8," lanjutnya. Dia bisa diterima bekerja karena pada awalnya mengikuti program mata kuliah PKL (Praktek Kerja Lapangan) selama 2 bulan, yaitu pada pertengahan Oktober sampai pertengahan Desember 2011. "Lalu setelah tugas PKL selesai, saya dihubungi kembali oleh pihak karyawan untuk membantu lagi di kantor," tambahnya.
Lain halnya dengan Yusuf Abdullah mahasiswa angkatan 2008 jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan asal Sampanag Madura dan pernah menjabat sebagai Ketua Bem Jurusan ketika diwawancarai menjelaskan “Bahwasanya setelah diwisuda besar harapan saya untuk bisa menjadi tenaga pendidik di program SM3T karena ingin sekali mengaktualisasikan ilmu yang selama ini sudah didapatkan agar bisa bermanfaat bagi orang lain,mengingat juga sebagai bentuk sumbangsih saya kepada Unesa yang sudah diberi kesempatan untuk menimbah ilmu sehingga sekarang waktunya untuk diamalkan.ujarnya dengan nada ciri khasnya.
Berbeda dengan Vivi Yunita mahasiswa angkatan 2007 jurusan pendidikan sejarah asal Bojonegoro yang kini masih berjuang untuk menyelesaikan skripsinya dan akan mengikuti wisudanya pada Maret tahun depan.Kini mahasiswa yang masih aktif sebagai offisial Indonesia Menulis dan kelak setelah diwisuda besar keinginannya untuk bisa menjadi tenaga pendidik di Program SM3T.  
Banyak sekali Potensi yang bisa dikembangkan di Unesa mulai dari Mahasiswa Baru yang nantinya ingin mengembangkan ilmunya dibidang akademik maupun non akademik yang bisa membanggakan dirinya sendiri,keluarga,teman dan tentunya membawa nama almamater institusi Universitas Negeri Surabaya menuju lebih cerah dan peradapan lebih maju.Walupun setelah tidak menjadi maba (Mahasiswa Baru)bersiap untuk  berkompetisi dan berkompetitif sesama teman,bahkan kelak lulus dari Unesa bisa bersaing dan bersikap profesional terhadap profesi yang di cita-citakan masing-masing.(Mu'ammar Syaikhul)

www.worldmuammar.blogspot.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar